Tiga Teori Belajar



JAWABAN MEDIA PEMBELAJARAN
 Oleh : Taqwim

1.    a. Media adalah alat yang digunakan sebagai sarana penyampai pesan sehingga dengan adanya alat tersebut pesan yang disampaikan oleh penyampai pesan menjadi semakin jelas dan lebih mudah untuk difahami.
b. Belajar adalah proses perubahan dalam kepribadian manusia dan perubahan tersebut tampak pada peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku. Jadi bisa disimpulkan bahwa hasil dari belajar adalah “perubahan”. Perubahan ini terjadi setelah adanya interaksi antara stimulus dan respon.
Pembelajaran adalah suatu proses interaksi antara pendidik, peserta didik serta sumber belajar yang terdapat pada suatu lingkungan belajar. Setidaknya kegiatan pembelajaran disini memuat dua aktivitas yaitu aktivitas mengajar dan aktivitas belajar.
c. Pendidikan Agama Islam adalah kegiatan untuk mendidikkan agama Islam. Pada pengertian ini kita dapat memahami bahwa “pendidikan” adalah sistem yang digunakan untuk pembelajaran agama Islam.
d. Media 2D adalah alat peraga yang mempunyai ukuran panjang dan lebar yang terdapat pada satu bidang datar.
·         Cakupan-cakupannya diantaranya:
*      Media grafis
*      Media bentuk papan
*      Media cetak yang penampilan isinya tergolong dua dimensi
e. Media 3Dadalah sekelompok media tanpa proyeksi yang disajikan secara visual tiga dimensional.
·         Cakupan-cakupannya, diantaranya:
2.      Tiga teori belajar, antara lain:
·         Behaviorisme ialah teori yang menjelaskan bahwa perubahan tingkah laku sebagai akibat dari adanya interaksi antara stimulus dan respon atau teori yang menjelaskan bahwa perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman.
·         Kognitivisme ialah teori belajar yang menganggap bahwa peserta didik mampu memproses informasi dan pelajaran melalui upayanya mengorganisir, menyimpan dan kemudian menemukan hubungan antara pengetahuan yang baru dan pengetahuan yang telah ada.
·         Konstruktivisme ialah teori yang bersifat membangun. Maksudnya, teori konstruktivisme menganggap bahwa pengetahuan itu dibangun oleh manusia sedikit demi sedikit yang kemudian hasilnya itu diperluas dalam konteks yang terbatas dan tidak apriori.
*      Perbedaan, antara lain:
·         Teori belajar behaviorisme hanya berfokus pada aspek objektif yang diamati dalam pembelajaran. Lebih menekankan pada pembentukan prilaku sebagai hasil belajar. Basisnya adalah prilaku. Dalam artian, dasar pemikirannya adalah pada perubahan tingkah laku.
·         Teori belajar kognitivisme, pembelajaran berbasis otak. Menekankan pada bagaimana informasi itu diproses. Dasar pemikiran dalam teori ini adalah proses berfikir dibalik tingkah laku.
·         Teori belajar konstruktivisme, pelajar lebih aktif dalam memproses pelajaran kemudian membangundan mengembangkan ide-ide baru atau konsep. Dasar pemikirannya adalah pengetahuan itu dibangun secara aktif.

4.      Tiga domain pembelajaran Benjamin Bloom, antara lain:

a. Kognitif (proses berfikir), berisi perilaku yang menekankan aspek intelektual, seperti; pengetahuan, keterampilan berfikir dll. 
b. Afektif (nilai atau sikap), perilaku yang menekankan aspek perasaan dan emosi. Seperti; attitude, minat, sikap dll.
c.  Psikomotorik (keterampilan), perilaku-perilaku yang menekankan pada aspek keterampilan motorik, seperi; berenang, mengetik, tinju, sepak bola dll.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persamaan dan Perbedaan Filsafat Pendidikan Islam dan Ilmu Pendidikan Islam

Review Pengantar Evaluasi Pendidikan

Sejarah Singkat Himpunan Pemuda Muslim Mencorek (HPMM)