Tiga Teori Belajar
JAWABAN MEDIA PEMBELAJARAN
Oleh : Taqwim
1. a. Media adalah
alat yang digunakan sebagai sarana penyampai pesan sehingga dengan adanya alat
tersebut pesan yang disampaikan oleh penyampai pesan menjadi semakin jelas dan
lebih mudah untuk difahami.
b.
Belajar adalah proses
perubahan dalam kepribadian manusia dan perubahan tersebut tampak pada
peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku. Jadi bisa disimpulkan bahwa
hasil dari belajar adalah “perubahan”. Perubahan ini terjadi setelah adanya
interaksi antara stimulus dan respon.
Pembelajaran adalah suatu proses interaksi antara pendidik, peserta didik serta
sumber belajar yang terdapat pada suatu lingkungan belajar. Setidaknya kegiatan
pembelajaran disini memuat dua aktivitas yaitu aktivitas mengajar dan aktivitas
belajar.
c.
Pendidikan Agama Islam adalah
kegiatan untuk mendidikkan agama Islam. Pada pengertian ini kita dapat memahami
bahwa “pendidikan” adalah sistem yang digunakan untuk pembelajaran agama Islam.
d.
Media 2D adalah alat peraga
yang mempunyai ukuran panjang dan lebar yang terdapat pada satu bidang datar.
·
Cakupan-cakupannya diantaranya:



e. Media 3Dadalah sekelompok media tanpa proyeksi yang disajikan secara visual
tiga dimensional.
·
Cakupan-cakupannya, diantaranya:
2.
Tiga teori belajar, antara lain:
·
Behaviorisme
ialah teori yang menjelaskan bahwa perubahan tingkah laku sebagai akibat dari
adanya interaksi antara stimulus dan respon atau teori yang menjelaskan bahwa
perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman.
·
Kognitivisme
ialah teori belajar yang menganggap bahwa peserta didik mampu memproses
informasi dan pelajaran melalui upayanya mengorganisir, menyimpan dan kemudian
menemukan hubungan antara pengetahuan yang baru dan pengetahuan yang telah ada.
·
Konstruktivisme ialah
teori yang bersifat membangun. Maksudnya, teori konstruktivisme menganggap
bahwa pengetahuan itu dibangun oleh manusia sedikit demi sedikit yang kemudian
hasilnya itu diperluas dalam konteks yang terbatas dan tidak apriori.

·
Teori belajar behaviorisme hanya berfokus pada aspek
objektif yang diamati dalam pembelajaran. Lebih menekankan pada pembentukan
prilaku sebagai hasil belajar. Basisnya adalah prilaku. Dalam artian, dasar
pemikirannya adalah pada perubahan tingkah laku.
·
Teori belajar kognitivisme, pembelajaran berbasis otak.
Menekankan pada bagaimana informasi itu diproses. Dasar pemikiran dalam teori
ini adalah proses berfikir dibalik tingkah laku.
·
Teori belajar konstruktivisme, pelajar lebih aktif dalam
memproses pelajaran kemudian membangundan mengembangkan
ide-ide baru atau konsep. Dasar pemikirannya adalah pengetahuan itu dibangun
secara aktif.
4.
Tiga domain pembelajaran Benjamin Bloom, antara lain:
a. Kognitif (proses berfikir), berisi perilaku yang menekankan aspek intelektual, seperti; pengetahuan, keterampilan berfikir dll.
b. Afektif (nilai atau sikap), perilaku yang menekankan aspek perasaan dan emosi. Seperti; attitude, minat, sikap dll.
c. Psikomotorik (keterampilan), perilaku-perilaku yang menekankan pada aspek keterampilan motorik, seperi; berenang, mengetik, tinju, sepak bola dll.
a. Kognitif (proses berfikir), berisi perilaku yang menekankan aspek intelektual, seperti; pengetahuan, keterampilan berfikir dll.
b. Afektif (nilai atau sikap), perilaku yang menekankan aspek perasaan dan emosi. Seperti; attitude, minat, sikap dll.
c. Psikomotorik (keterampilan), perilaku-perilaku yang menekankan pada aspek keterampilan motorik, seperi; berenang, mengetik, tinju, sepak bola dll.
Komentar
Posting Komentar